Membersihkan dan Mengatur Komputer Anda

By | June 9, 2021

Adalah ide yang baik untuk memikirkan PC Anda sebagai kantor. Ini menyimpan file, program, gambar. Ini dapat dibandingkan dengan file kantor yang sebenarnya, mesin dan dekorasi. Sistem operasinya adalah bos. Dengan gambaran ini, pikirkan sebuah kantor yang Anda kunjungi yang lambat dan tidak efisien. Mungkin ada banyak alasan berbeda untuk inefisiensi. Ini sama dengan komputer. Mungkin ada banyak item yang memperlambat komputer Anda. Mungkin yang paling sering diabaikan adalah disorganisasi dan kekacauan. kunjungi juga liputankoran.com yang menyediakan berbagai berita terupdate.

Membersihkan dan Mengatur Komputer Anda

Pembersihan disk

Kantor dapat mengakumulasi banyak file, mesin, dan dekorasi yang tidak perlu. Ini sama dengan komputer Anda. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kekacauan ini adalah dengan melakukan utilitas pembersihan secara berkala. Di Windows, utilitas pembersihan ini akan disebut “pembersihan disk”. Ini menghapus berbagai file yang tidak perlu tergantung pada opsi yang Anda pilih.

Untuk melakukan pembersihan disk pada Windows XP Anda cukup mengeklik “komputer saya” di bawah menu mulai. Daripada klik kanan pada “drive Anda” atau “hard disk” dan pilih properti. Daripada klik “disk cleanup” dan ikuti petunjuknya. Ketika memilih file untuk membersihkan, atau menghapus, Windows akan memberi Anda informasi untuk membantu Anda memutuskan. Ketika melihat daftar jenis file, Anda cukup mengklik pada nama jenis file dan membaca deskripsi yang ditempatkan di bawah ini di area deskripsi. Ini akan memberi tahu Anda apakah file dapat dihapus dengan aman. Untuk memilih grup file, cukup centang kotak di samping nama grup. Setelah selesai, pilih tekan “OK” untuk menyelesaikan.

Sekarang, melakukan pembersihan disk tidak terlalu memakan waktu, hanya beberapa menit, dan dapat menghemat lebih banyak waktu pada akhirnya dengan membuat komputer Anda berjalan lebih cepat. Namun, pembersihan disk harus dijalankan secara berkala, bukan hanya sekali saja. Salah satu cara untuk membuat ini berjalan secara berkala adalah menjadikannya tugas terjadwal. Ini akan memungkinkan komputer Anda menjalankannya secara otomatis dengan interval dan waktu hari yang ditentukan oleh Anda. Namun, Anda selalu dapat menjalankannya sendiri secara berkala tanpa membuat tugas yang dijadwalkan.

Tambah atau Hapus Program

Informasi yang diberikan di atas dapat membantu Anda menyingkirkan beberapa file yang tidak perlu, tetapi Anda mungkin juga perlu membersihkan beberapa program yang tidak perlu juga. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan utilitas “tambah atau hapus program” di Windows. Ini terletak di panel kontrol dan mencantumkan semua program yang Anda instal saat ini beserta opsi untuk menghapusnya. Merupakan ide yang bagus untuk menelusuri program tambah atau hapus program sesekali hanya untuk memastikan bahwa semua program bermanfaat.

Jika ada program yang terdaftar yang tidak lagi digunakan, Anda cukup menyorot program dan klik tombol uninstal. Windows akan memulai proses untuk meng-uninstall program. Dalam banyak kasus, untuk menyelesaikan penghapusan program, sebaiknya Anda menghidupkan ulang komputer. Ini akan membuang dan file yang diadakan sementara.

Menambah atau menghapus program utilitas sangat berguna, tetapi tidak semua program tercantum di depan. Program yang sudah diinstal sebelumnya di komputer Anda dan sistem operasi Windows juga dapat di-uninstal. Sebagai contoh, Outlook Express adalah program e-mail default yang datang dengan sistem operasi Windows XP. Jika Anda tidak menggunakan program e-mail ini, Anda dapat menghapusnya. Klik “tambah atau hapus komponen windows” yang ditemukan di add atau hapus utilitas program dan ikuti saja petunjuknya.

Defragmentasi

Banyak kantor berisi sejumlah besar file dan program yang berharga dan tidak dapat dibuang. Bahkan, mereka mungkin berisi file yang bahkan tidak digunakan, tetapi masih harus disimpan untuk beberapa alasan. Meskipun file-file ini harus tetap di kantor, mereka harus diorganisir. Inilah sebabnya mengapa kami membuat folder file yang menyimpan kelompok file yang terkait. Daripada kita menyimpannya di lemari yang disusun dalam urutan abjad.

Di komputer, file yang disimpan ditempatkan pada hard drive. Namun, mereka ditempatkan sesuai waktu saat mereka diselamatkan. Jadi, jika Anda membuka dokumen kata dan menyimpan file sebagai “file A” dan kemudian membuka dokumen lain dan menyimpannya sebagai “file B”, Anda memiliki “file A” yang ditempatkan di sebelah “file B.” Ini bagus, tetapi jika Anda membuka “file A” nanti dan menyimpannya lagi, dari informasi yang ditambahkan disimpan di sebelah “file B.”

Ketika file dipecah dengan cara ini disebut sebagai file yang terfragmentasi. Ini berarti bahwa komputer harus menemukan bagian pertama dari file dan kemudian menemukan bagian kedua dari file untuk membuka dokumen satu kata itu. Ini dapat membuat komputer Anda berjalan lebih lambat. Namun, Windows telah membuat sebuah utilitas yang dimaksudkan untuk mengatur ulang file sehingga mereka tidak lagi terfragmentasi tetapi duduk di sebelah satu sama lain.

Anda dapat menjalankan defragmenter disk dengan memilih “semua program” di bawah tombol mulai. Selanjutnya, pilih “aksesori” dan “alat sistem” dan Anda akan melihat “disk defragmenter.” Bahkan, ini juga merupakan cara alternatif untuk memilih pembersihan disk yang disebutkan sebelumnya. Sebelum memulai def

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *